Kamis, Juni 11, 2009

Membiasakan Si Kecil Tidur Sendiri

Banyak orang mengalami masalah saat meminta anaknya tidur sendiri. Ketika masih bayi biasanya orang tua merasa belum tepat mengajarkan bayinya tidur sendiri. Tetapi akan sulit meminta anaknya tidur sendiri bila tidak dibiasakan dengan tidur sendiri tanpa ditemani orang tua sejak bayi.
Di sisi lain orang tua juga harus melatih anaknya belajar mandiri.
Ada beberapa cara untuk mengajar anak tidur sendiri.
Sejak balita dibiasakan tidur sendiri dengan ditempatkan pada boks khusus bayi untuk tempat tidurnya. Pada awalnya boks bayi tersebut ditempatkan satu ruangan dengan tempat tidur orang tuanya, tetapi setelah si kecil terlihat dapat dipantau dari jarak jauh, maka orang tua mulai meletakkan boks pada kamar yang kelak akan menjadi kamarnya sendiri.
Kemudian buatlah suasana menyenangkan di ruang tidur si kecil. mulai dengan lemari pakaian yang menyenangkan, tempat mainan yang menarik, hingga meja belajar bisa diletakkan didalamnya dengan warna yang menyenangkan.
Agar anak semakin betah, buatlah tatanan kamar yang sesuai dengan seleranya. mulai dengan warnanya sampai dengan ornamen-ornamen yang menjadi kesukaannya, seperti Donal bebek dan sebagainya.
Ajaklah anak untuk merasa bangga terhadap barang barang yang dimilikinya di kamarnya sendiri. Tidak saja merasa bangga, tetapi mulai membiasakan anak untuk membersihkan ruang kamarnya dan merapikan mainan setelah dipergunakannya serta membersihkannya, ini akan membentuk anak untuk bertanggung jawab terhadap apa yang ada didalam kamarnya.
Untuk orang tua yang sejak awal sudah menyiapkan kamar khusus untuk anaknya, mulailah membiasakan buah hatinya untuk tidur sendiri terutama saat memasuki usia sekolah.
Sesekali orang tua dapat menemaninya tidur untuk sementara waktu di kamarnya. Atau mengajaknya untuk tidur bersama orang tua misalnya pada malam libur akhir pekan, hal ini sangat berguna untuk menguatkan ikatan batin antara orang tua dan anak.
Membiasakan anak mau tidur sendiri di kamarnya juga bisa membuat anak menjadi bangga dengan sikapnya yang sudah belajar mandiri.
Bisa dengan cara menceritakan sikap anak yang sudah bisa tidur sendiri dengan nada memuji didepan teman-temannya dan ditengah keluarga.
Inilah hasilnya salah satu cucuku yang sudah mulai belajar mandiri yang sejak kecil sudah terbiasa dengan tidur sendiri yang kadang kala masih harus ditemani orang tuanya beberapa waktu.
Selamat menjaga adikmu, Panji , semoga Arya tidak nakal dan selalu tercapai keinginan dan cita-citamu.
Salam,

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Pak budi,ini foto cucunya...mirip bener sama mbahnya. Kebiasaan tidur bayi seperti ini biasa ditarapin di negara barat...dengan tujuan agar mandiri dan berani,memang perlu dipelajari..biar ketika dewasa tidak penakut, sy jadi ingat anak yang pernah sy tanganin, uda smp..masih tidur bareng sama ibunya....tolong diposting tentang sekolah SBI, matursuwon pak budi (imansriyono@gmail.com)