Jumat, Agustus 21, 2009

Tugas Liburan Awal Puasa

Ada beberapa soal yang harus diselesaikan semua siswa dan dikerjakan di buku latihan. Sebenarnya tugas ini tidak disini menulisnya tetapi tak apalah yang penting soal-soal dielesaikan dengan teliti benar.
1. NajraNisa akan berangkat dari kota A ke kota C. Ia akan singgah di kota B yang terletak diantara kota A dan kota C. Jarak kota A ke kota C 62 km. Jarak kota A ke kota B tiga kali jarak kota B ke kota C. Nisa ingin mengetahui jarak dari kota A ke kota B dan jarak dari kota B ke kota C. Dapatkah kamu membantu NajraNisa ?
2. Sebuah mobil memerlukan waktu 2 jam untuk menempuh perjalanan dari kota A ke kota B. Adapun truk memerlukan 3 jam untuk menempuh perjalanan yang sama. Mobil melaju 10 km/jam lebih cepat daripada truk. Tentukan jarak kota A ke kota B.
3. Jumlah umur ayah dan ibu 70 tahun. Ibu lebih muda 2 tahun dari ayah. Tahun depan, dua kali lipat umur ibu adalah 70 tahun. Berapa umur ayah dan ibu ?
4. Ibu Nila membeli singkong dengan harga Rp. 1000,00/kg dan jagung dengan harga Rp. 3.000,00/kg. Jumlah singkong dan jagung yang dibeli ibu Nila adalah 6 kilogram. Berat jagung yang dibeli ibu Nila setengah dari berat singkong yang dibelinya. Tentukan total harga singkong dan jagung yang dibeli ibu Nila.
5. Temanmu ini memakai kaos olah raga karena selesai berolah raga dan ingin bergaya didepan kamera. Siapa nama lengkapnya ? berapa tinggi badannya ? dan berapa umurnya sekarang ? juga berada di kelas berapa dirinya ?
6. Akbar mengikuti suatu perlombaan berenang dan berlari dalam rangka kegiatan memperingati HUT Republik Indonesia ke 64 di daerah tempat tinggalnya. Jarak yang harus ditempuh dengan berenang adalah 3 km dan jarak yang harus ditempuh dengan berlari adalah 20 km. Akbar berenang dengan kecepatan 4 km/jam dan berlari dengan kecepatan 8 km/jam. Dengan semangat tinggi dan hati yang sangat gembira karena ada temen dekatnya "Sarah" ikut menyaksikan perlombaan tersebut. Berapa lama Akbar menyelesaikan perlombaan itu ?
Selamat membaca dan menyelesaikan soal-soal itu dengan jawaban yang benar.
Salam,

Tidak ada komentar: